Hosting Serverless Project Dengan Firebase

Hosting Serverless Project Dengan Firebase – Sedikit percobaan saya hari ini mengenai hosting untuk serverless web app. Singkat cerita ketika saya membuat sebuah proyek menggunakan Vue.js yang diintegrasikan dengan layanan Firestore dari Firebase dan hendak merilis proyek tersebut, ketika bermain-main di dashboard Firebase ternyata terdapat menu Hosting hingga saya coba baca-baca mengenai itu dan akhirnya saya memutuskan untuk mencobanya sebagai tempat yang bisa digunakan untuk proyek saya.

Berikut ini beberapa pengenalan mengenai Hosting yang disediakan oleh Firebase dan bagaimana cara penerapannya.

Cover Firebase Hosting
Sumber: Youtube Channel Firebase

Pendahuluan

Firebase Hosting merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Firebase sebagai hosting yang sepenuhnya untuk mengelola konten statis, dinamis, dan layanan mikro.

Layanan ini dapat digunakan selama proyek yang dibangun masih dalam lingkup HTML, CSS, dan JavaScript. Contohnya dalam membangun layanan API menggunakan Framework Express.js, jenis proyek ini dapat diterapkan ke dalam Firebase Hosting ini.

Fitur Firebase Hosting

  • Menyediakan layanan hosting yang aman dengan dilengkapi SSL ke setiap hosting yang dibuat.
  • Hosting digunakan untuk konten statis, dinamis, dan layanan mikro yang dibangun dalam lingkup HTML, CSS, dan JavaScript.
  • Mengintegrasikan sistem Cache pada Content Delivery Network (CDN) dengan penyimpanan SSD.
  • Dapat melakukan simulasi hosting secara lokal dan preview hosting sebelum dilakukannya proses perilisan secara publik.
  • Rilis versi terbaru hanya dengan menggunakan satu baris perintah.

Implementasi

Memasang Perangkat CLI

Firebase menyediakan perangkat lunak berbasis Command Line Interface (CLI) guna mempermudah proses penggunaan hosting. Terdapat dua metode pemasangan, dapat menggunakan node package manager (npm) atau melalui file instalasi.

Berikut ini cara instalasi cepat melalui npm

npm install -g firebase-tools

Mengatur Folder Proyek

Jika Kamu sudah punya folder proyek yang sudah siap untuk dirilis, maka buka aplikasi command line milikmu dan arahkan ke dalam folder proyek Kamu.

cd /ke/folder/proyek/saya

Jika belum, silahkan buat sebuah folder kosong dan isi dengan file-file proyek Kamu lalu arahkan aplikasi command line Kamu ke dalam folder yang baru saja dibuat.

Selanjutnya, jalankan perintah

firebase init

Perintah tersebut digunakan untuk menjadikan folder proyek Kamu menjadi firebase project folder.

Simulasi Hosting

Jika Kamu ingin melakukan simulasi hosting di lokal komputer, maka cukup jalankan perintah berikut di dalam folder proyek Kamu.

firebase emulators:start
Code language: CSS (css)

Ketika mengeksekusi perintah tersebut, biasanya Kamu akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan guna melengkapi pengaturan firebase project folder Kamu.

View dan Share

Terkadang sebelum melakukan perilisan proyek, kita ingin mengakses proyek hanya untuk sebagian orang di dalam tim sebelum dapat diakses oleh setiap orang secara publik. Hal ini dapat digunakan dengan cara mengeksekusi perintah berikut

firebase hosting:channel:deploy
Code language: CSS (css)

Deploy

Akhirnya kita sampai ke tahap perilisan secara publik (Deploy). Dengan Firebase Hosting ini Kamu cukup mengeksekusi perintah berikut

firebase deploy

Penutup

Sampai di tahap Deploy kamu sudah dapat mengakses situs kamu melalui URL yang disediakan oleh Firebase. Artikel ini memang masih jauh dari kata lengkap, karena hanya mengikuti apa yang saya lakukan selama proses deployment proyek saya. Saya harap masih bisa mengembangkan artikel ini dikemudian hari. Terima kasih kepada Kamu yang membaca artikel ini.

Artikel Terkait

Lihat Semua
24 Agt 2022Alat

Mengaktifkan Remote Connection PostgreSQL di VestaCP

Mengaktifkan Remote Connection PostgreSQL di VestaCP(opens new window) – PostgreSQL merupakan salah satu DBMS dengan kode sumber terbuka yang populer digunakan saat ini. memiliki segudang fitur yang dapat memenuhi setiap kebutuhan kliennya. Remote Connection atau koneksi jarak jauh adalah teknik koneksi yang mengizinkan klien dari suatu DBMS dapat mengakses DBMS Server miliknya di luar sistem server […]

8 Jun 2022Alat

Laravel Mix dan TailwindCSS di Codeigniter 4

Laravel Mix dan TailwindCSS di Codeigniter 4 – Laravel Mix merupakan sebuah bundler modul yang memiliki kemampuat kuat dalam hal mempersiapkan aset JavaScript dan CSS untuk sisi front-end. Dengannya pengembang dapat melakukan pengembangan front-end yang memerlukan bundle yang dikelola oleh Node Package Manager (NPM). Lengkapnya di situs Laravel Mix(opens new window). Pendahuluan Awalnya, Laravel Mix hanya dikembangkan khusus untuk […]

8 Jun 2022Perangkat Lunak

SMTP Gratis dengan Gmail SMTP Server

SMTP Gratis dengan Gmail SMTP Server – Dalam pengembangan aplikasi yang di dalamnya terdapat proses otentikasi dan otoritasi pasti akan melibatkan penggunaan Email. Dengan email, akun yang baru didaftarkan dapat diverifikasi melalui email, juga ketika pengguna melupakan kata sandi mereka, akan dilakukan pengaturan ulang melalui email dengan cara mengirimkan kode verifikasi ke email pengguna. Hal tersebut […]